Minggu, 05 April 2009

TERMINOLOGI SISTEM INFORMASI

Terminologi Sistem adalah terdiri dari komponen-komponen yang berupa fungsi orang, aktivitas, kejadian dan sebagainya yang saling berhubungan dan melengkapi satu sama lain untuk mencapai satu atau lebih tujuan yang telah ditetapkan. Biasanva suatu sistem menerima masukan dan kemudian beberapa subsistem bekerja bersama-sama untuk menghasilkan keluaran. Keluaran dari sistem tersebut dievaluasi melalui umpan balik yang merupakan metoda untuk pengawasan jika keluaran suatu sistem menyimpang dari yang diharapkan.
Sistem Informasi ada yang berbasiskan komputer menggunakan teknologi perangkat keras dan perangkat lunak sedangkan cara lain dengan manual. Sistem informasi yang berbasiskan komputer prosesnya dengan kronologis menerima masukan, pemrosesan, penyimpanan dan memberikan keluaran.
Menerima Masukan dari data yang didapat dari dalam atau dari luar organisasi untuk diproses dalam sebuah sistem menjadi informasi. Masukan sistem informasi berupa rekaman dari transaksi dan operasi, permintaan terhadap informasi, instruksi, pesan, perubahan.
Melakukan Pemrosesan merupakan perubahan dari data masukan menjadi bentuk yang lebih mempunyai arti bagi individu dan organisasi. Pemrosesan data pada sistem informasi adalah penyusunan data/rekord dengan aturan tertentu, pengaksesan, penyimpanan, pembaharuan, meringkas, pemilihan dan pemanipulasian yaitu operasi aritmetika dan logika data-data yang ada.
Menyimpan data dan Informasi berupa teks, gambar dan suara sedemikian rupa sehingga dapat diakses dengan cepat saat dibutuhkan.
Memproduksi dan Mendistribusikan hasil data yang telah diproses kepada orang dan aktivitas yang akan mempergunakannya. Sistem informasi dapat memproduksi informasi berupa hardcopy/hasil yang tercetak dan softcopy/berupa file.
Kemampuan teknis sistem informasi dapat melakukan;
pemrosesan transaksi secara berulang secara rutin kemudian diproses dalam limit waktu yang telah ditentukan,
pemrosesan transaksi tunggal/setiap transaksi yang masuk langsung diproses,
proses transaksi setiap saat data tiap transaksi selalu terhubung dan dapat diakses dan diperbaharui setiap saat,
komunikasi data dan jaringan komputer/ data tiap transaksi selalu terhubung dan dapat diakses dan diperbaharui setiap saat dari tempat yang berjauhan,
pencarian record dan analisis/pemeriksaan,
pemeriksaan file (file Inquiry),
model dan algoritma keputusan/berupa model matematika sederhana dan
otomatisasi kantor/otomatisasi aktivitas; pengolahan kata, memasukan, menyimpan, memanipulasi, mencetak, laporan/buku, memproduksi dokumen profesional berkualitas publishing (perancangan/grafik/gambar), mengirim pesan melalui elektronik (E-Mail), pengolahan gambar, pengolahan suara, sistem informasi kantor (kalender Pribadi, direkori perusaan/data dasar organisasi, sistem lain/nota/catatan harian dan lainnya


Suatu system memiliki suatu tujuan(goal)dan ada juga yang memiliki sasaran(objective).Dalam hal ini tujuan goal adalah biasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas,sedangkan sasaran(objective)memiliki ruang lingkup yang lebih sempit.
1.1 Model umum system
Model umum system terdiri dari dua system yaitu:
a. Model umum sistem
Model umum system hanya terdiri dari input,proses dan input

INPUT PROSES OUTPUT
Gambar 1.1 Model system sederhana
Berikut beberapa system dari model system sederhana :

Program penghitungan pascal,nilai dimasukan setelah dijalankan(running)
Data mahasiswa berupa nim, nama, nilai_uts, nilai_uas, nilai-tugas, nilai_absen diproses menjadi daftar hasil study semester berupa laporan.


b. Sistem dengan banyak input dan output


Masukan I Keluaran I


Masukan II proses Keluaran II


Masukan III Keluaran III

Gambar I.2 Model System dengan banyak output dan inpu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar